Silahkan tunggu. Kami sedang menyimpan data anda...
Jangan tutup browser anda.
Indonesia | English Tentang Kami | Berita | Artikel | FAQ | Kontak
Artikel
Apakah Arsitek Diperlukan Dalam Membangun Rumah?
27/Jul/2014

Apakah peran arsitek diperlukan dalam proses membangun rumah?


Dalam proses membangun rumah apakah diperlukan peran arsitek? Perlukah seorang artitek dalam proses pembangunan rumah murah? Apakah peran arsitek akan membantu menekan biaya konstruksi rumah lebih murah daripada tanpa bantuan seorang arsitek?


Pertanyaan diatas biasanya muncul karena persepsi masyarakat bila menggunakan layanan arsitek sangatlah mahal. Karene persepsi itulah maka marak pembangunan rumah murah dan mewah tanpa menggunakan jasa arsitek, atau maraknya kontraktor yang menawarkan pembangunan rumah dengan bonus desain rumah gratis.


Dalam proses membangun rumah maupun merenovasi rumah tinggal pasti akan diperlukan biaya yang sangat besar sesuai dengan bujet yang bisa disediakan oleh pemilik rumah tersebut. Oleh karena itu rumah tinggal bisa dikategorikan sebagai kebutuhan dasar bagi semua orang dan juga termasuk barang yang mewah.


 


Karena rumah termasuk dalam kategori barang mewah yang mempertaruhkan nilai uang yang sangat besar, setiap orang kan berhati - hati dalam proses membeli rumah. Selain itu rumah juga merupakan investasi yang akan dinikmati dan dipakai sendiri dalam jangka waktu yang lama, sehingga kenyamanan dan keindahan rumah sangatlah penting.


Saat ini, wujud rumah tinggal semakin kompleks, rumah telah menjadi cerminan gaya hidup dan karakter dari pemiliknya. Rumah juga merupakan dasar dari dinamika kehidupan bersosial, berbudaya dan berspiritual yang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas manusia dan wajah satu bangsa.


karena pertimbangan - pertimbangan diatas menjadikan rumah memiliki peran dan nilai yang sangat tinggi, oleh karenanya proses membangun rumah akan merealisasikan kebutuhan pemilik, karakter dan gaya hidupnya juga cita rasa dari sang pemilik rumah. Hal - hal krusial dan mendasar inilah yang perlu diketahui semua orang bahwa proses membangun rumah adalah proses yang sangat penting dan diperlukan peran arsitek handal untuk membantu membangun rumah yang merupakan invenstasi yang sangat mahal dan beresiko tinggi bagi pemiliknya.


Sebagai contoh ilustrasi membangun rumah tanpa bantuan arsitek seperti memutuskan untuk membeli saham tanpa mempunyai pengalaman di bidang pasar modal, resikonya tentu jauh berlipat dibandingkan membeli saham dengan bantuan broker berpengalaman bukan?


Dengan bantuan arsitek anda dapat memaksimalkan bujet yang ada menjadi rumah yang jauh lebih bernilai dibandingkan bila anda mencoba membangunnya sendiri tanpa bantuan arsitek. Apalagi bila bujet anda untuk membangun rumah sangat terbatas dan kompleksitas keterbatasan lahan yang hendak dibangun semakin memerlukan peran arsitek untuk mendesain rumah dengan penataan ruang dan pemilihan material yang esensial dan efisien juga tetap memiliki kualitas ruangan yang baik. Indah tidak selalu harus mewah apalagi mahal, rumah berbiaya rendah bukan berarti tidak memiliki nilai atau bernilai rendah. Belum lagi rumah biasanya dapat digunakan atau berusia puluhan tahun sehingga biaya arsitek yang standarnya sekitar 10% dari total biaya konstruksi rumah menjadi relatif sangat murah dibandingkan kualitas dan hasil rumah yang didapatkan.


 

Kembali