Silahkan tunggu. Kami sedang menyimpan data anda...
Jangan tutup browser anda.
Indonesia | English Tentang Kami | Berita | Artikel | FAQ | Kontak
Artikel
Mengatasi Atap Bocor
06/Sep/2014

Memperbaiki atap bocor gampang - gampang susah. Bila tahu cara yang pas untuk memperbaikinya dan juga sumber kebocoran dapat diketahui dengan cepat, masalah atap bocor ini akan segera teratasi. Masalah kebocoran yang sering ditemukan mulai skala kecil seperti rembesan sampai skala yang sangat besar atau sangat mengganggu, bocor.


Sebetulnya lebih mudah untuk mencegah kebocoran daripada memperbaikinya untuk itu ini beberapa tips untuk mengatasi atap bocor:


1. Sudut kemiringan atap harus diperhatikan, dengan sudut kemiringan yang tepat air akan lebih mudah mengalir. Beberapa jenis rumah sudut kemiringannya bisa lebih landai dari 30 derajat, namun sudut kemiringan atap yang umum adalah sekitar 30 sampai dengan 40 derajat.


2. Sambungan atap perlu diminimalkan, seringkali kebocoran atap adalah di sambungannya.


3. Pilih bahan - bahan atap berkualitas sehingga tahan dari segala cuaca dan terhindar dari keretakan. Genteng yang berkualitas tidak akan mudah retak dan menyebabkan rembesan disaat hujan. Genteng berkualitas bagus akan dapat dipasang dengan sempurna tanpa celah.


4. Pemasangan talang harus sempurna, pemasangan atap yang baik akan bisa menampung air hujan dari atap dan mengalirkannya ke bawah tanpa ada kebocoran. Gunakan talang dengan ukuran dan kekuatan yang tepat serta harus dipasang secara sempurna.


5. Ketinggian bubungan atau nok harus diperhatikan, pemasangan nok yang terlalu tinggi akan menyebabkan celah yang bisa dimasuki oleh air hujan. Pengerjaan nok menggunakan bahan yang tidak mudah retak dan harus dilakukan dengan rapih serta presisi  yang tinggi.


Setelah semua terpasang dengan sempurna dan rapih dengan menggunakan bahan - bahan berkualitas maka tahap akhir adalah memasang material pelapis pada seluruh bagian yang rawan kebocoran seperti: pada pertemuan antara genteng dan dinding.


Pelapis yang digunakah haruslah tidak terdegredasi oleh air, tidak memuai pada cuaca panas, tidak bisa menyerap air, memiliki pilihan warna yang cocok dengan warna genteng, dapat dicat serta bisa diaplikasikan langsung pada bagian yang akan dilindungi.


Setelah seluruhnya selesai aplikasikan bahan waterprofing untuk menghindari kebocoran yang  disebabkan oleh retakan kecil.


 

Kembali